Buku 20 Permainan Komunikatif untuk SMP-MTs

Buku 20 Permainan Komunikatif untuk SMP-MTs
Buku 20 Permainan Komunikatif untuk SMP-MTs

Download Buku 20 Permainan Komunikatif untuk SMP-MTs Format PDF


Buku 20 Permainan Komunikatif untuk SMP/MTs

Buku 20 Permainan Komunikatif untuk SMP/MTs ini merupakan materi penunjang yang disusun atas kerja sama Australia’s Education Partnership with Indonesia (Kemitraan Pendidikan Australia Indonesia) dengan IALF (Indonesia Australia Language Foundation) yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun di bidang pengajaran dan penyusunan sumber belajar.

Mengapa menggunakan buku ini?
Games atau permainan adalah salah satu metode pembelajaran yang mendorong adanya interaksi dan meningkatkan motivasi siswa. Siswa dapat menjadi lebih aktif sehingga hasil pembelajaran pun juga lebih baik.

Untuk siapa buku ini?
Buku ini untuk semua guru SMP/MTs. Permainan-permainan dalam buku ini tidak untuk guru bahasa Inggris saja tapi juga bisa digunakan oleh guru bahasa Indonesia untuk mengembangkan kemampuan berbahasa dan pengetahuan siswa. Permainan-permainan tersebut juga bisa diadaptasi dan digunakan untuk meninjau kosakata dan memperkuat pemahaman teori dan pengetahuan pada semua mata pelajaran, seperti IPS dan IPA.

Kapan permainan tersebut digunakan?
Permainan-permainan tersebut harus merupakan bagian dari pelajaran secara rutin, misalnya tinjauan kosakata, struktur atau tanda baca. Jangan menggunakan kegiatan tersebut untuk mengisi waktu atau sekedar melakukan kegiatan yang menyenangkan saja. 

Permainan apa saja yang tedapat dalam buku ini?
Buku ini terdiri dari 20 permainan yang ditujukan untuk melatih pemahaman topik dan keterampilan berbahasa. Setiap permainan diawali dengan Warmer atau pemanasan. Warmer bertujuan untuk mengaktifkan pengetahuan awal para siswa dan memberikan contoh serta mempersiapkan siswa sebelum melakukan kegiatan utama. Main Activity atau kegiatan utama memberikan langkah-langkah cara melakukan permainan.

Beberapa permainan memiliki Variation atau variasi dari kegiatan yang sama tapi dengan metode yang berbeda.

Selain itu, pada beberapa permainan dapat dijumpai Across the Curriculum. Bagian ini menjelaskan bagaimana suatu kegiatan dapat diadaptasi untuk mata pelajaran lain.

Bagaimana bila jumlah siswa >30?
Di kebanyakan kelas di sekolah-sekolah di Indonesia, jumlah siswanya sangat banyak. Untuk mengatasi masalah ini, permainan-permainan yang dipilih dalam buku ini sangat memungkinkan untuk dilakukan di kelas dengan siswa sedikit ataupun banyak. Bagian Activity menunjukkan apakah permainan bisa dilakukan secara individu, berpasangan, kelompok ataupun oleh semua siswa. Guru bisa menggunakan metode yang dapat disesuaikan dengan waktu, kemampuan dan jumlah siswa.

Bagaimana dengan persiapan dan materi?
Seringkali guru disibukkan dengan beban mengajar seperti melakukan persiapan untuk mengajar. Beberapa guru juga tinggal dan mengajar di tempat terpencil. Tidak tersedianya fasilitas dan materi yang memadai di sekolah terkadang menjadi kendala. Buku ini bisa mengatasi hal tersebut. Semua permainan dalam buku ini tidak memerlukan mesin fotocopy, atau peralatan lain, selain siswa, buku teks/paket/LKS dan buku tulis, perabotan kelas dan sisa ruang yang ada, serta pensil dan buku tulis.

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah memahami langkah-langkahnya sebelum melaksanakan setiap permainan dan melakukan setiap kegiatan dengan instruksi yang jelas.

Ada pertanyaan, saran atau cerita?
Bila ingin berbagi cerita, saran atau ada pertanyaan, Anda bisa menghubungi penyusun materi ini melalui email ke:
  • Joanne Dickinson: Joanne.Dickinson@ep-epos.or.id
  • Rakhma Diana Sari (Ana): rsari@ialf.edu

Belum ada Komentar untuk "Buku 20 Permainan Komunikatif untuk SMP-MTs"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel