Modul Pengembangan Sekolah Secara Menyeluruh - Peran Kepala Sekolah dan Pengawas

Modul Pengembangan Sekolah Secara Menyeluruh - Peran Kepala Sekolah dan Pengawas
Modul Pengembangan Sekolah Secara Menyeluruh - Peran Kepala Sekolah dan Pengawas


Download Modul Pengembangan Sekolah Secara Menyeluruh - Peran Kepala Sekolah dan Pengawas Format PDF

File Preview:



Download File:

Modul Pengembangan Sekolah Secara Menyeluruh: Peran Kepala Sekolah dan Pengawas

Modul Pengembangan Sekolah Secara Menyeluruh ini dikembangkan dengan dukungan penuh rakyat Amerika melalui United States Agency for International Development (USAID). Isi dari materi pembelajaran ini merupakan tanggung jawab konsorsium Program USAID Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teachers, Administrators, and Students (PRIORITAS) dan tidak mencerminkan pandangan USAID atau pemerintah Amerika Serikat. 

Modul Praktik yang Baik di SMP dan MTs II 

Program Prioritizing Reform, Innovation and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teachers, Administrators and Students (PRIORITAS) yang didanai oleh USAID bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dilaksanakan untuk mendukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama dalam meningkatkan akses pendidikan dasar yang bermutu. Untuk mencapai tujuan tersebut, PRIORITAS mengembangkan dan melaksanakan program pengembangan kapasitas yang terdiri dari pelatihan, pendampingan, kegiatan kelompok kerja di tingkat sekolah maupun gugus. Sasaran program pengembangan kapasitas ini adalah guru dan dosen Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), kepala sekolah, komite sekolah, serta pengawas dan staf Dinas Pendidikan terkait di kabupaten terpilih di tujuah propinsi mitra PRIORITAS, yaitu: Aceh, Sumatra Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan. Pelatihan bagi dosen dilaksanakan melalui kerja sama dengan sejumlah LPTK terpilih untuk pengembangan peran LPTK sebagai penyedia layanan untuk pendidikan dalam jabatan.

Modul Pengembangan Sekolah Secara Menyeluruh: Peran Kepala Sekolah dan pengawas dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang pendekatan pengembangan sekolah secara menyeluruh kepada kepala sekolah dan pengawas. Pengembangan Sekolah secara Menyeluruh (Whole-School Development) adalah suatu pendekatan di mana semua warga sekolah, termasuk guru, kepala sekolah, komite sekolah, masyarakat, dan siswa terlibat dalam pengembangan sekolah. Aspek yang dicakup dalam pelatihan dengan menggunakan modul ini secara umum meliputi pembelajaran dan manajemen sekolah.

Dengan pengetahuan ini kepala sekolah dan pengawas bisa menjalankan perannya dan memfokuskan upayanya dalam memajukan proses pembelajaran di sekolah. Kepala sekolah dan pengawas diharapkan memahami indikator-indikator yang berhubungan dengan pembelajaran, budaya baca dan manajemen sekolah. Kepala sekolah dan pengawas juga diajak untuk mampu melakukan pengamatan di sekolah sehingga bisa dengan cepat mengetahui kemajuan sekolah. Dengan mengetahui praktik yang baik dan kelemahan sekolah, diharapkan kepala sekolah dan pengawas bisa menyusun program untuk membantu sekolah menjadi lebih maju dalam pembelajarannya. Kepala sekolah dan pengawas tidak harus memiliki kemampuan teknis untuk membantu sekolah. Mereka bisa mencari sumber lain untuk membantu sekolah.

Unit 1: Pembelajaran. Unit ini memberi kesempatan kepada peserta pelatihan untuk mengkaji ciri-ciri pembelajaran yang baik. Peserta mampu melihat proses belajar dari sisi siswa, guru dan ruang belajar yang menunjang pembelajaran aktif yang efektif. 

Unit 2: Program Budaya Baca. Unit ini memberikan gambaran kepada peserta tentang apa itu budaya baca di sekolah, program seperti apa yang dibutuhkan sekolah untuk mengembangkan budaya baca dan contoh-contoh kegiatannya.

Unit 3: Manajemen Berbasis Sekolah. Manajemen sekolah yang baik adalah manajemen yang berfokus kepada peningkatan mutu pembelajaran. Dalam unit ini peserta diajak untuk mendiskusikan bagaimana pengelola sekolah, yaitu kepala sekolah, guru dan komite sekolah serta orangtua siswa, dengan dukungan dari pengawas sekolah bisa secara bersama-sama menyusun program kerja yang mendukung peningkatan mutu pembelajaran, serta melaksanakannya.

Unit 4: Pemantauan Sekolah. Pada unit ini peserta diajak untuk mendiskusikan indikator-indikator pembelajaran, budaya baca dan manajemen berbasis sekolah. Peserta juga diajak untuk memahami bagaimana caranya melakukan pengukuran melalui pengamatan di sekolah. Selanjutnya peserta berpraktik mengamati kondisi sekolah dan menyusun program peningkatan mutu sekolah berdasarkan hasil pengamatan.

Unit 5: Rencana Tindak Lanjut. Peserta diajak untuk memikirkan tindakan nyata yang akan dilakukan setelah mengikuti pelatihan. Diharapkan peserta akan menerapkan apa yang didapat dari pelatihan di tempat kerjanya.

Sumber: http://prioritaspendidikan.org

Belum ada Komentar untuk "Modul Pengembangan Sekolah Secara Menyeluruh - Peran Kepala Sekolah dan Pengawas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel