Peluang Kerja Lulusan SMK dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan Bonus Demografi Tahun 2030

Berikut ini berkas mengenai Peluang Kerja Lulusan SMK dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan Bonus Demografi Tahun 2030. Download file format PDF. Berkas ini merupakan salah satu Vocational Education Policy, White Paper yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMK - Dirjen Dikdasmen - Kemdikbud RI.

Peluang Kerja Lulusan SMK dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan Bonus Demografi Tahun 2030
Peluang Kerja Lulusan SMK dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan Bonus Demografi Tahun 2030

Peluang Kerja Lulusan SMK dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan Bonus Demografi Tahun 2030



Selain tengah mempersiapkan bonus demografi yang diperkirakan akan mencapai puncaknya pada tahun 2030, Indonesia juga tengah dihadapkan pada perkembangan revolusi Industri 4.0. Bonus demografi dan era digitalisasi ini diperkirakan akan berdampak pada tingginya persaingan kerja serta hilang sejumlah pekerjaan baru. Pekerjaan yang awalnya membutuhkan tenaga manusia dalam operasionalnya kini sedikit demi sedikit digeser oleh digitalisasi. Fenomena ini tentu akan membawa perubahan bagi dunia kerja. Kajian kebijakan ini bertujuan untuk meberikan gambaran tentang peluang pekerjaan dan relevansinya terkait bidang keahlian, program keahlian dan kompetensi keahlian (SMK) dimasa depan, khususnya tahun 2030. Berdasarkan hasil kajian, diperoleh bahwa terdapat beberapa sektor yang diperkirakan akan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan akan menyerap banyak tenaga kerja, yaitu sektor perdagangan dan logistik, industri pengolahan (manufaktur), konstruksi, kesehatan dan kegiatan sosial, industri kreatif dan digital, dan pendidikan. Pembukaan dan penutupan bidang keahlian dan kompetensi keahlian yang akan bertahan sampai dengan tahun 2030 menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh setiap SMK. Bidang keahlian/kompetensi keahlian yang dibuka oleh SMK saat ini bukan harga mati, dapat dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan pasar tenaga kerja. Perlu kiranya agar dapat dipastikan kembali oleh Dinas Pendidik Propinsi bahwa SMK yang saat ini sedang beroperasi agar memberikan layanan dengan tidak lagi membuka bidang keahlian/kompetensi keahlian yang sudah jenuh serta tidak lagi relevan dengan perkembangan jaman dan teknologi.

Tujuan kajian kebijakan ini adalah untuk mendiskripsikan dan memberikan gambaran tentang kesempatan lulusan SMK dalam bersaing pasar kerja di masa yang akan datang, khususnya pada tahun 2030. Diharapkan informasi yang dihasilkan dapat menjadi suatu pertimbangan bagi pihak yang terkait dalam proses pembuatan rekomendasi dan perumusan kebijakan dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 dan mempersiapkan bonus demografi tahun 2030, khususnya dari sisi pendidikan SMK. Dengan menyadari potensi kebutuhan pasar tenaga kerja di masa depan, maka dapat dipersiapkan lulusan SMK yang dapat berkompetensi di masa depan.

Kajian kebijakan ini diharapkan dapat memberikan informasi yang dapat dijadikan bahan masukan bagi pemerintah dalam rangka mengambil kebijakan di bidang Pendidikan, khususnya Pendidikan SMK. Untuk pembaca, kajian kebijakan ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai referensi atau pembanding bagi kajian kebijakan berikutnya serta dapat memberikan landasan untuk kajian kebijakan dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 dan mempersiapkan bonus demografi tahun 2030.

Selengkapnya mengenai isi dan susunan berkas paper Peluang Kerja Lulusan SMK dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan Bonus Demografi Tahun 2030 ini, silahkan lihat pada file preview dan download pada link di bawah ini.

File Preview:



Download File:

Belum ada Komentar untuk "Peluang Kerja Lulusan SMK dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan Bonus Demografi Tahun 2030"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel