Tantangan dan Peluang Sumber Daya Manusia Pada UMKM di Indonesia

Berikut ini berkas mengenai Tantangan dan Peluang Sumber Daya Manusia Pada UMKM di Indonesia. Download file format PDF. Berkas ini merupakan salah satu Vocational Education Policy, White Paper yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMK - Dirjen Dikdasmen - Kemdikbud RI.

Tantangan dan Peluang Sumber Daya Manusia Pada UMKM di Indonesia
Tantangan dan Peluang Sumber Daya Manusia Pada UMKM di Indonesia

Tantangan dan Peluang Sumber Daya Manusia Pada UMKM di Indonesia

Pada era persaingan bisnis yang sangat ketat ini, lapangan pekerjaan diperkotaan kebanyakan menuntut kualifikasi pendidikan dan keterampilan yang memadai sehingga menjadi kendala utama bagi para pencari kerja untuk memperoleh pekerjaan. Dengan bonus demografi, Indonesia seharusnya berpeluang mempunyai sumber daya manusia yang dapat digunakan sebagai daya dukung pengembangan sektor-sektor UMKM. Namun kenyataannya masih banyak sumber daya manusia yang belum termanfaat secara maksimal akibat rendahnya kualitas yang dimiliki dan tentu saja belum mampu bersaing dengan tenaga kerja negara lain. Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa karakteristik sumber daya manusia untuk mendukung peningkatan UMKM di Indonesia. Metode kajian yang digunakan adalah analisis deskritif dan analisa kualitatif. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa sumber daya manusia merupakan aspek keberhasilan UMKM dan sangat perlu ditingkatkan kualifikasinya. UMKM membutuhkan dukungan dan perhatian dalam penyediaan pemasaran, sumber daya manusia, dan dukungan non - keuangan lainnya. Pelaku UMKM berusia muda (di bawah 35 tahun) menyatakan tidak mungkin menambah kapasitas perusahaan dengan karyawan baru dibandingkan dengan mereka yang lebih tua (lebih dari 35 tahun). Dalam hal di antara mereka yang mencari karyawan baru, atribut profesional seperti pengalaman kerja sebelumnya yang relevan, pengalaman manajemen, dan pendidikan formal adalah yang paling banyak dicari. Pendidikan dan pelatihan kewirausahaan yang strategis dan terarah dari calon tenaga yang dibutuhkan memberi dampak ke dalam ekosistem UMKM yang kuat. Akses sumber daya online membantu dalam menemukan tenaga yang berbakat di luar jaringan pribadi, menjangkau layanan dukungan non-keuangan tanpa harus bepergian, dan terhubung ke alat di luar platform media sosial untuk pemasaran.

Setiap organisasi perusahaan beroperasi dengan mengerahkan seluruh sumber daya yang ada untuk dapat menghasilkan produk baik barang/jasa yang bisa dipasarkan. Dalam hal ini, pengelolaan sumber daya yang dimiliki perusahaan meliputi sumber daya finansial, fisik, sumber daya manusia, dan kemampuan teknologi dan sistem (Simamora, 2004). Mengingat bahwa sumber-sumber yang dimiliki perusahaan ini sifatnya terbatas, maka perusahaan selalu dituntut mampu memberdayakan dan mengoptimalkan penggunaannya untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan.

Sekarang ini terjadi persaingan bisnis yang sangat ketat, khususnya di perkotaan. Tuntutan pekerjaan dengan kualifikasi pendidikan dan ketrampilan memadai menjadi kriteria umum semua perusahaan dan menjadi permaslahan bagi para pencari kerja. Mereka yang pada mulanya berkeinginan untuk bekerja di sektor formal, pada akhirnya bermuara di sektor informal. Menurut Winarso (2009), kota-kota utama di negara yang sedang berkembang seperti Indonesia, memiliki konsentrasi penduduk yang tinggi dan berkontribusi terhadap tumbuhnya tenaga kerja informal. Dalam hal ini, sektor informal di Indonesia telah memberikan kontribusi yang cukup besar dalam penyerapan tenaga kerja. Ketika situasi krisis melanda Indonesia dan pengangguran terjadi di mana-mana, maka peluang satu-satunya yang dapat menyelamatkan kelangsungan hidup jutaan korban PHK dan pengangguran dari desa adalah sektor informal.

Dalam menghadapi perubahan lingkungan organisasi, baik lingkungan mikro maupun lingkungan makro yang semakin cepat dan kompleks, perusahaan harus bersikap dinamis dan dapat mengantisipasi atau dapat menyesuaikan diri, yaitu salah satunya dengan cara melakukan pengembangan melalui peningkatan kemampuan dan kualitas karyawannya. Menurut Hasibuan (2004), pengembangan adalah suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual dan moral karyawan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan/jabatan melalui pendidikan dan latihan. Hariandja (2007), menjelaskan bahwa latihan dan pengembangan dapat didefinisikan sebagai usaha yang terencana dan terorganisasi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kemampuan karyawan dan secara konseptual dapat mempengaruhi sikap karyawan terhadap pekerjaan.

Sumber daya manusia didefinisikan sebagai “pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki orang-orang yang memungkinkan mereka menciptakan nilai dalam sistem ekonomi global.” Keterampilan adalah aset dinamis yang dimiliki dan dikembangkan orang dari waktu ke waktu dan pendidikan formal dapat meningkatkan kapasitas individu, menerapkan dan memperoleh keterampilan ini melalui pekerjaan adalah sebagai sumber daya manusia. Negara-negara seperti Indonesia dapat mengoptimalkan potensi sumber daya manusia jangka panjang mereka dengan membangun beragam talenta dan ekosistem keterampilan yang memungkinkan partisipasi inklusif dalam pekerjaan yang berkualitas dan terampil. Indonesia saat ini berada di peringkat rendah dalam kemudahan dan ketersediaan pekerja terampil, dan dalam hal efisiensi pasar tenaga kerja secara global, berada di peringkat 108 dari 138 negara.

Indonesia dengan bonus demografinya berpeluang mempunyai sumber daya manusia yang besar. Sementara ini masih banyak sumber daya manusia yang belum termanfaat secara maksimal akibat rendahnya kualitas dan belum mampu bersaing dengan negara lain. Untuk itu diperlukan kajian untuk mengetahui sumber daya manusia sebagai peluang untuk meningkatkan sektor-sektor UMKM di Indonesia.

Tujuan pada kajian ini adalah mengetahui dan menganalisa karakteristik sumber daya manusia yang mampu untuk mendukung peningkatan UMKM di Indonesia.

Manfaat pada kajian ini adalah:
  1. Memberikan dasar penentuan kebijakan dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.
  2. Memberikan gambaran terkait karakteristik sumberdaya manusia di Indonesia.

Selengkapnya mengenai isi dan susunan berkas paper Tantangan dan Peluang Sumber Daya Manusia Pada UMKM di Indonesia ini, silahkan lihat pada file preview dan download pada link di bawah ini.

File Preview:



Download File:

Belum ada Komentar untuk "Tantangan dan Peluang Sumber Daya Manusia Pada UMKM di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel